___________________

Jaringan LAN (kabel UTP)

lan_denah.jpgSangat pusing kalo mikirin yang namanya komputer kok bisa komunikasi dengan komputer lain, dalam benakku hanya terlintas besar banget yang namanya tanda tanya (?). dari sinilah mulai mencoba main ketempat temen yang suka obrak-abrik komputer mulai dari software sampai dengan hardwarenya. lambat hari mulai ketagihan nih…. , yang lucunya setiap baru dateng selalu di bilang ” lapo rene nyolong ilmu yo…….. ( ngapain kesini curi ilmu ya….!)” saya hanya bisa tersipu malu gitu….
Ternyata eh ternyata yang sampek pusing tadi tuh gampang banget…. nah inilah cara yang mungkin berguna bagi saya pribadi biar nggak lupa, buat temen-temen yang pengen bisa nyambung jaringan, malah bagi nusa dan bangsa….Kabel yang biasa digunakan untuk LAN (Local Area Network) adalah kabel UTP yang terdiri dari 8 warna kabel tembaga atau yang lebih dikenal dengan engkel kecil terdiri warna :
lan_cable1.jpg
  1. Hijau
  2. Hijau Putih
  3. Orange
  4. Orange Putih
  5. Biru
  6. Biru Putih
  7. Coklat
  8. Coklat Putih
dari warna-warna diatas bukan untuk hiasan tapi jadi tanda klo yang anda pasang pada konektor itu adalah urutan kabel yang sama = aliran yang bener,pada dasarnya cara kerja kabel jaringan sama dengan cara kerja aliran listrik tapi disini bedanya aliran listrik ini dialirkan beripa bilangan biner dan di aplikasikan oleh prosesor dengan kawannya menjadi sebuah area pekerjaan / tampilan di monitor ataupun printer, dengan kata lain kita bisa ngeprint jarak jauh juga karena peranan dari sambungan yang bener dan tentunya pemeran utama kabel UTP gitu……..loch.
berikut cara memasang kabel UTP denga baik :
Periapan bahan dan alat
  1. Kabel UTP (sesuai kebutuhan / m)
  2. Konektor 2 buah
  3. Tank Crimping
  4. Tester kabel UTP (biar tau kalo salah nyambungnya)
Cara menyambung :utp-kabel.gif
  • Kelupas bagian luar kabel UTP dengan menggunakan pisau tang krimping sehingga nampak bagian dalam yang berjumlah kabel sebanyak 8 buah
    • Urutkan kabel sesuai dengan warna dibawah ini :
      1. Hijau Putih
      2. Hijau
      3. Orange Putih
      4. Biru
      5. Biru Putih
      6. Orange
      7. Coklat Putih
      8. Coklat
  • Rapikan bagian bagian luar kabel sesuai dengan ukuran jalur konektor (jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, karena itu nanti berpengaruh dengan kekutan kabel dan konektor)
Crimping                         Konektor
  • Tekan bagian pangkal konektor dengan tang krimping berguna untuk menempelkan kabel supaya kuat
kabel8.jpg
  • Siap untuk di coba (jadilah seperti diatas)

Tidak ada komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More